Dishubkominfo Ajukan Rekomendasi Terminal Pati Tipe A

Terminal Pati

(Suara Muria) KOTA – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Pati kini tengah mengajukan permohonan rekomindasi kep Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan berkait dengan rencana pembangunan terminal bus tipe A. Sebab, kondisi terminal bus yang selama ini terletak di Desa Semampir, Kecamatan Kota Pati, benar-benar sudah tidak layak dari sisi tuntutan penyediaan fasilitas umum. Selain terlalu sempit, bila hujan deras, bagian dalam terminal juga tergenang.

Di samping, banyak bus yang melayani trayek Pati-Jakarta-Sumatera tidak bisa masuk ke terminal tersebut sehingga banyak yang ngetem menunggu pemberangkatan di tempat-tempat agen penjualan tiket. Akibatnya, sepanjang jalan raya Pati-Gabus, banyak agen bus jurusan Sumatera yang tidak memperhatikan kepentingan jalan lainnya. Dengan kata lain, para pengguna jalan sering terganggu oleh bus-bus yang keluar-masuk agen yang semuanya di pinggir jalan raya tersebut.

Ditanya berkait hal itu, Kepala Dishubkominfo, Dadik Sumarji tidak mengelak berdasarkan tuntutan penyediaan fasilitas untuk piblik yang memadai, maka sejak dua tahun lalu pihaknya sudah merencanakan memindahkan lokasi dan meningkatkan status kelas terminal tersebut. Akan tetapi, masalhnya masih menunggu penyelesaian Peraturan Daerah (Peda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang ternyata cukup alot pembahasannya. “Setelah beberapa waktu lalu perda itu disahkan dan ditetapkan, maka kami dalam melangkah punya dasar hukum yang kuat, “ujarnya.
Pembebasan

Maksudnya, lanjut Dadik Sumarji dasar hukum tersebut khusus berkait dengan penetapan lokasi terminal. Jadi, pihaknya tidak bisa asal-asalan dalam menentukan lokasi fasilitas umum agar tidak bertentangan dengan RTRW. Mengingat dasar untuk itu sudah ada, maka secara yuridis formal, jika kelak llokasi terminal tersebut ditetapkan, jangan sampai ada pihak-pihak yang karena beda kepentingan justru mempersoalkan. Jika hal itu terjadi, sama saja menghambat pelaksanaan penyediaan fasilitas umum yang memang sudah tidak bisa ditunda itu.

Sebab, umtuk membangun fasilitas tersebut alokasi anggarannya tentu dari pusat. Pemkab hanya menyediakan lahan untuk keperluan dimaksud, sehingga pengajuan rekomendasi tentang persetujuan lokasi tentu mutlak diperlukan. Adapun lokasi yang dipilih sesuai RTRW untuk lokasi terminal tipe A itu berada disekitar ujung barat jalur lingkar selatan (JLS) Pati.

Jika kelak rekomendasi tentang persetujuan lokasi sudah didapat, pada tahapan berikutnya dia akan membentuk tim yang bertugas menangani pembebasan tanah.

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s